Kings of Europe


Ya, Bayern secara resmi membuktikan diri sebagai yang terbaik di Eropa setelah mengandaskan perlawanan sengit rival dari Bundesliga lainnya, Dortmund di final UEFA Champions League dengan skor 2-1.

Meskipun sempat berada di bawah tekanan di awal-awal laga, namun Bayern perlahan tapi pasti mengambil alih kendali permainan. Setelah Mandzukic membawa Bayern unggul di menit 60, Dortmund berhasil menyamakan kedudukan lewat titik putih setelah sebelumnya Dante melanggar Marco Reus di kotak pinalti.

Dan di menit 89, Arjen Robben secara dramatis mengembalikan keunggulan Bayern dan pemain Dortmund tak punya cukup kesempatan lagi untuk setidaknya menyamakan kedudukan.

Para pemain terlihat begitu emosional ketika wasit membunyikan peluit akhir. Para fans pun terlihat penuh sukacita, sebagian bahkan tak bisa menahan air mata sukacita. Ya, setelah dua kali gagal di final, kali ini Bayern mengukuhkan diri sebagai Kings of Europe. Hal ini juga dicapai melalui rentetan hasil yang fantastis mulai dari fase knock out. Bahkan, dunia terhenyak melihat Bayern tampil begitu dominan atas Barcelona, tim yang selama beberapa tahun terakhir dijadikan benchmark sepakbola dunia. Tak tanggung-tanggung, Bayern menghajar tim Catalan tersebut, 7 gol tanpa balas.

Buat pemain-pemain yang sudah tergolong senior seperti Lahm, Ribery, Robben dan lainnya, pencapaian ini menandakan kehebatan mereka sebagai sebuah generasi emas tim asal Bavaria ini, sekaligus menghilangkan julukan the nearly man dari pundak mereka. Sebuah beban besar berhasil dilepaskan. Tak heran, jika mereka terlihat begitu gembira merayakan gelar UCL kelima bagi Bayern. Bahkan Basti yang pada perayaan gelar juara Bundesliga terlihat “biasa-biasa” saja (mungkin karena sudah sering meraihnya), tak jarang menunjukkan emosi kegembiraan yang luar biasa baik di lapangan dan pada pesta juara di hotel.

Kini, Bayern bersiap untuk menjadi klub pertama Jerman yang meraih treble jika mampu mengalahkan Stuttgart di laga final DFB Pokal.

Menutup tulisan ini, berikut beberapa catatan tentang Bayern di UCL musim 2012/13, sebuah musim yang fantastis!

# Bayern berada di grup F bersama BATE Borisov, Lille dan Valencia. Bayern keluar sebagai juara grup dengan raihan 13 poin, hasil 4 x menang, 1 x seri dan sekali kalah.

# Pizarro mencatatkan diri sebagai pencetak hattrick tercepat musim ini yaitu dalam waktu 15 menit, ketika Bayern mengalahkan Lille, 6-1.

# Kemenangan 7-0 atas Barcelona, merupakan kemenangan dengan agregat terbesar hingga saat ini di babak semifinal.

# Jupp Heynckes merupakan pelatih ke-empat yang mampu meraih gelar juara UCL dengan dua klub yang berbeda. Salah satu pelatih yang juga pernah mencapai sukses serupa adalah eks pelatih Bayern lainnya, Ottmar Hitzfeld.

# Bayern merupakan tim kedua yang mampu menjadi juara setelah musim sebelumnya kalah di final.

# Kemenangan Bayern juga mengantarkan Jerman sebagai negara keempat dengan koleksi juara UCL terbanyak dengan 7 gelar juara.

European Cup victories by team: 
9 Real Madrid CF
7 AC Milan
5 Liverpool FC
5 FC Bayern München
4 FC Barcelona
4 AFC Ajax
3 FC Internazionale Milano
3 Manchester United FC
2 SL Benfica
2 Juventus
2 Nottingham Forest FC
2 FC Porto
1 Borussia Dortmund
1 Celtic FC
1 Hamburger SV
1 FC Steaua București
1 Olympique de Marseille
1 Chelsea FC
1 Feyenoord
1 Aston Villa FC
1 PSV Eindhoven
1 FK Crvena zvezda

 

Mia San Champions

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s