Final DFB Pokal (Road to Treble)


 

Minggu dinihari jam 01.00 WIB, Bayern akan melakoni laga final DFB Pokal kontra Stuttgart. Kemenangan akan menandai keberhasilan Bayern meraih treble musim ini.

Jika merujuk kepada dua pertemuan di antara kedua tim musim ini, maka sangat layak jika Bayern diunggulkan. Bayern menang 6-1 di kandang sendiri dan 2-0 di kandang Stuttgart. Namun, Stuttgart tentu tak ingin dipecundangi untuk ketiga kalinya dalam semusim. Apalagi kemenangan di DFB Pokal adalah jalan terakhir Stuttgart untuk ke pentas sepak bola antar klub Eropa karena di Bundesliga mereka hanya berada di posisi 12 klasemen akhir.

Stuttgart sendiri selama bulan Mei 2013 tampil tidak konsisten. Kalah 0-2 di kandang sendiri dari Fuerth, Stuttgart bangkit dengan menaklukkan tuan rumah Schalke. Namun di laga terakhir Bundesliga, mereka ditahan imbang tim tamu, Mainz.

Pemain paling berbahaya di lini depan Stuttgart adalah Ibisevic. Di Bundesliga, ia berhasil mencetak 15 gol dalam 30 kali penampilan dan di ajang DFB Pokal sendiri, ia sudah mengemas 4 gol.

Stuttgart juga serius mempersiapkan diri menghadapi laga final. Hari minggu yang lalu, mereka melakukan laga uji coba dengan tim dari divisi 5, SSV Reutlingen dan menang 10-0. Berikut daftar pemain mereka saat itu: Ulreich (Ziegler 45’) – Hoogland (Sakai 45’), Rüdiger, Niedermeier (Röcker 63’), Molinaro (Macheda 63’) – Harnik (Okazaki 45’), Boka (Kvist 45’), Gentner (Stöger 63’), Traoré (Torun 63’) – Maxim (Holzhauser 45’) – Ibisevic (Cacau 63’) . Laga ini juga penanda kembalinya Cacau dari cidera panjang dan menjadikannya opsi untuk bisa bermain di laga final. Sedangkan Serdar Tasci tidak ikut karena mengalami masalah achiles tendon.

Di kubu Bayern sendiri persiapan sudah kembali dilakukan pada hari Selasa kemarin. Meskipun terlihat bahwa tim belum kembali ke peak condition masing-masing, namun totalitas sudah mulai ditunjukkan oleh para pemain. Secara pribadi, saya merasa ada baiknya Bayern mempertahankan the winning team seperti waktu mengalahkan Dortmund. Kalaupun ada penyesuaian kemungkinan besar ada di duo centre back atau di posisi striker.

Buat saya, sepanjang Bayern tidak menganggap remeh lawan atau kehilangan fokus karena sudah berpuas diri dengan kemenangan di UCL, maka raihan treble akan dapat diraih. Sebuah pencapaian yang belum pernah diraih tim Jerman manapun termasuk generasi emas Bayern di era 70-an.

 

Mia San Mia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s