Tentang Rumor Transfer Dante, Mandzukic dan Kroos


 

Window transfer Januari akan segera berakhir, namun beberapa waktu belakangan ini, terdapat sejumlah rumor transfer yang melibatkan pemain Bayern yang perlu diberikan perhatian lebih.

Yang pertama, adalah Dante. Semua berawal dari pernyataan media Brazil, Fox Sport Brazil via twitter minggu lalu yang menyebutkan bahwa Dante sudah menandatangani kontrak dengan MU. Tak lama setelah itu, agen Dante menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Dan terakhir, Dante sendiri mengatakan bahwa ia tersanjung dengan ketertarikan MU terhadap dirinya, meskipun menyatakan semuanya akan dipastikan pada akhir bulan ini.

Persentase kebenaran kabar ini menurut kami: kurang dari 50%. Berikut beberapa alasannya:

1. Kontrak Dante saat ini dengan Bayern baru akan habis 30 Juni 2016. Kalaupun Bayern ingin melepas Dante dan menggantikannya dengan bek baru, secara logika paling cepat baru akan dilakukan akhir musim ini karena toh durasi kontraknya masih terbilang sangat panjang.

2. Kalau Bayern hendak menjualnya segera (akhir bulan Januari 2014), maka secara logis, Bayern juga harus mendapatkan gantinya sesegera mungkin. Karena back up CB saat ini di Bayern hanya tinggal DvB untuk menjadi tandem Boateng. Sedangkan Kirchhoff sudah dipinjamkan ke Schalke. Memang masih ada Martinez, yang bisa ditempatkan di posisi CB. Namun, kalau mau jujur, potensi terbesar Martinez adalah pada posisi defensive midfielder. Pertanyaannya: dengan waktu transfer yang kurang dari seminggu lagi, apa mungkin Bayern mendapatkan bek tengah sekaliber Dante? Kecil sekali kemungkinannya.

3. Sekarang kita coba lihat dari sisi Dante. Impian terbesar Dante di akhir musim tentu adalah tampil bersama Brazil di Piala Dunia. Saat ini, ia bisa dibilang sudah mendapatkan tempat di skuad Brazil, meskipun masih lebih sering di bangku cadangan. Kepindahan ke MU pada akhir bulan ini menurut saya tidak akan menolongnya untuk bisa lebih sering tampil. Apalagi, jika benar segera pindah, ia tidak akan bisa main di Liga Champions musim ini bersama MU karena sudah terdaftar bersama Bayern.

Oleh karenanya, rumor transfer Dante akhir bulan ini, sekali lagi, menurut kami sangat kecil kemungkinannya. Tapi, bagaimana pada jendela transfer musim panas nanti? Well, bisa saja terjadi, meskipun terlalu dini rasanya untuk membahasnya sekarang.

Lanjut ke pemain kedua, Mandzukic. Setelah kepastian kepindahan Lewandowski ke Bayern per Juli yang akan datang, berbagai media beramai-ramai mengabarkan berita kepindahannya. Berbagai klub, baik dari Serie-A maupun BPL dikabarkan tertarik mendatangkan striker Bayern ini.

Yang jelas, rumor tentang akan pindah atau tidaknya Mandzukic lebih naik-turun ketimbang berita transfer Dante. Beberapa saat setelah Bayern resmi mengontrak Lewandowski, Rummenigge, dalam wawancaranya dengan FCB.TV menyatakan bahwa Bayern tidak punya intensi untuk menjual Mandzukic. Sang pemain sendiri, dalam sebuah interview dengan Bild berkata: “I’m staying.” Dan pada konferensi pers di Doha, Pep memuji  Mandzukic: “He is a super, super professional and will stay with Bayern.” 

Namun, tidak tampilnya Mandzukic bersama Bayern ketika melawan Gladbach (masuk daftar pemain cadangan pun tidak) kembali membuat fans khawatir bahwa Mandzukic benar-benar akan meninggalkan Bayern. Apalagi menurut Sammer, alasan Mandzu tidak dibawa melawan Gladbach adalah karena ia kurang total dalam mengikuti sesi latihan. Hal ini tentu sesuatu yang cukup aneh mengingat Mandzukic termasuk pemain yang selalu menampilkan totalitas penuh ketika bertanding.

Yang jelas, kalaupun Mandzukic akan hengkang, saya tidak meyakini itu akan terjadi pada window transfer Januari ini. Bayern, bagaimanapun juga, masih tetap membutuhkan tenaga Mandzukic untuk menjalani paruh kedua musim 2013/14, apalagi Bayern masih berlaga di tiga kompetisi, Bundesliga, DFB Pokal dan UCL. Rotasi jelas merupakan hal yang penting. Kita tunggu saja, semoga Mandzukic mendapat kesempatan dalam laga kontra Stuttgart pada pertengahan pekan ini.

Bagaimana dengan kemungkinan dirinya pindah pada akhir musim ini? Sama seperti pada kasus Dante, menurut saya terlalu dini untuk dibahas sekarang. Namun, kalau ada kesempatan bicara dengan Mandzukic (hehehe berkhayal sedikit), saya akan mengingatkan dia bahwa pada waktu pertama kali ia datang ke Bayern, ia juga cuma di plot sebagai back up Mario Gomez. Namun, toh ternyata dengan fighting spiritnya yang luar biasa, ia bisa menjadi starter. Lalu, mengapa sekarang kedatangan Lewandowski membuatnya terlalu cepat putus asa? Saya pribadi berharap Mandzukic tetap stay dan keep fighting dengan Bayern musim depan.

Terakhir, kita akan bahas soal Toni Kroos. Ini mungkin yang paling menyita perhatian fans akhir-akhir ini. Apalagi setelah melihat bahwa Moyes langsung datang menyaksikannya tampil ketika melawan Gladbach. Moyes juga sepanjang dan pasca pertandingan terlihat terus bersama agen sang pemain.

Saya sendiri menyimpan keyakinan bahwa Kroos akan tetap bersama Bayern. Ini adalah soal menemukan kesepakatan gaji dalam kontrak baru. Kroos dikabarkan meminta gaji sebesar €8 juta dan hal ini belum disepakati oleh manajemen Bayern. Saat ini, gajinya sekitar €4-5 juta dan ini masih di bawah pemain baru, Goetze dan juga Lewandowski. Menurut saya, cukup wajar jika Kroos menginginkan kenaikan gaji.

Sammer, dalam interview televisi sesaat sebelum pertandingan melawan Gladbach, terlihat cukup tenang dan yakin bahwa Kroos akan memperpanjang kontraknya dengan Bayern. Eks bintang Bayern, Lothar Matthaus, dalam wawancara dengan media lokal Munich, juga meyakini hal yang sama dengan Sammer, yaitu bahwa Kroos akan segera menandatangani perpanjangan kontrak dengan Bayern.

Namun, beberapa kabar yang kontradiktif juga ada, seperti Kicker yang menyebutkan bahwa Kroos mengatakan: “There are no talks scheduled in a timely manner. I concentrate fully on the second half. There were worse situations in life than to go possibly without a new agreement in the next season. I can not rule anything out.” Dan Bild kemarin juga mengabarkan bahwa MU siap membayar berapapun gaji yang diminta Kroos.

Kita tunggu saja perkembangannya, meskipun mayoritas fans Bayern (termasuk saya), tentu ingin Kroos, Dante dan Mandzukic tetap stay dan meraih berbagai gelar juara bersama Bayern.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s