FCB.tv Dan Panduan Livestreaming


Memasuki musim 2014/15, saya akan kembali share tentang beberapa cara untuk menonton pertandingan-pertandingan FC Bayern. Buat sebagian fans, apa yang saya share ini mungkin bukan hal baru, tapi buat teman-teman yang mungkin baru bergabung dan belajar mencintai FC Bayern, postingan ini kiranya bisa menolong kalian.

1. Pertandingan Bundesliga
Kita bersyukur bahwa beberapa hari lalu, Kompas TV melalui laman facebooknya memposting sebuah foto yang mengindikasikan bahwa mereka akan kembali menyiarkan Bundesliga musim 2014/15. Kita belum tahu pasti berapa match per pekannya yang akan mereka siarkan secara live. Namun demikian, jika mengacu kepada musim lalu, maka setidaknya 2 match per Minggu yang akan disiarkan. Bisa dua game beruntun di hari Sabtu atau 1 game pada hari Sabtu dan 1 lagi di hari Minggu.

Bayern termasuk klub yang paling sering mendapatkan kesempatan disiarkan secara live pertandingan-pertandingannya. Hal ini masuk akal karena dari sisi komunitas dan guna menjadi daya tarik orang awam untuk menyaksikan Bundesliga, Bayern adalah magnet. Dan Kompas TV memang perlu terus meningkatkan awareness publik terhadap Bundesliga, karena jujur saja di negeri ini, Bundesliga masih menjadi pilihan kesekian bagi pencinta sepak bola.

Oleh karena itu, melalui tulisan ini saya juga mengajak kita semua untuk menyaksikan sebanyak mungkin pertandingan Bundesliga di Kompas TV. Pertama, tentu saja untuk meningkatkan rating dan memberi keyakinan kepada pihak televisi bahwa Bundesliga memiliki penonton setia. Dan yang kedua, ketika Anda memilih menyaksikan Bundesliga, itu bisa menjadi alat edukasi / penyebar “virus” Bundesliga ke orang-orang di sekitar Anda.

Hingga tulisan ini saya turunkan, belum ada update lagi apakah ada TV Kabel yang juga akan menyiarkan Bundesliga 2014/15. Jika sudah ada, akan kami update tulisan ini.

2. Pertandingan Persahabatan

Ada dua cara untuk menyaksikan pertandingan persahabatan (dan pertandingan-pertandingan lainnya) FC Bayern. Yang pertama adalah melalui FCB.tv dan kedua adalah livestreaming.

A. FCB.tv
FCB.tv merupakan fasilitas resmi dari FC Bayern bagi fansnya yang ingin menyaksikan video-video, baik live maupun hasil rekaman melalui fasilitas streaming. Artinya, Anda memerlukan jaringan internet untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas FCB.tv

Apa saja yang bisa kalian saksikan di FCB.tv:
– Pertandingan persahabatan (live)
– Sesi latihan (live)
– traditional banquet (live). Ini adalah tradisi Bayern sehabis pertandingan dimana seluruh tim dan manajemen serta beberapa sponsor dan fans menikmati makan malam bersama. Biasanya sebelum makan, Rummenigge akan memberikan sambutan terlebih dahulu.
– FCB News (recorded). Video-video berita ini secara berkala disiarkan baik dalam bahasa Inggris maupun Jerman. Durasinya sekitar 1-5 menit.
– Higlight pertandingan (recorded)
– Event-event khusus lainnya.

Tertarik ingin berlangganan? Berikut ini caranya:
– masuk ke website resmi FC Bayern.
– klik tab FCB.TV
– pilih sign up
– Pilih durasi waktu berlangganan yang Anda inginkan. Pilihannya ada 3: 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan.
– Setelah memilih durasi, Anda akan diminta untuk mengisi data personal.
– Terakhir, Anda perlu mengkonfirmasi pembayaran melalui kartu kredit.

Berapa biayanya? 3 bulan sebesar 12 euro atau sekitar Rp 185.000. 6 bulan sebesar Rp 315.000. Dan untuk paket setahun senilai Rp 560.000. Saya sudah bertahun-tahun berlangganan FCB.tv dan menurut saya worth it banget buat fans Bayern berlangganan fasilitas ini.

B. Livestreaming

Sejak beberapa tahun belakangan, hampir semua game sepak bola bisa disaksikan secara live melalui tautan livestreaming yang tersedia di internet. Terdapat beberapa website yang menyediakan link ke pertandingan-pertandingan yang sedang berlangsung, di antaranya hahasport.com, rojadirecta.me, rojadirecta.me atau atdhe.net

Jika kalian sudah masuk ke website tersebut, tinggal scroll down saja untuk mencari game Bayern dan begitu ketemu tinggal di klik, maka Anda akan bisa menyaksikan pertandingan secara live.

Tapi kok suka macet-macet pertandingannya? Itu bisa terjadi setidaknya karena 2 hal:
* Memang link yang Anda pilih tergolong “berat”. Solusinya: coba link lainnya. Biasanya di hahasport bisa ada sampai 10 link per match, coba aja satu-satu. Males coba-coba? Pengen ikut yang admin @fcbayern_id tonton? Nah cek favorite kita aja di setiap match, pasti ada. Jangan males cek fave kita!🙂
* Internet ente yang memang lemot atau kuota habis. Solusi? Ya tambah kuota atau berlangganan paket yang lebih layaklah hahaha…

Begitu dulu sharing kita kali ini. Semoga bermanfaat. Dan tolong bantu share di twitter atau facebook kalian ya. Danke!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s